KRITIK ARSITEKTUR (PEDESTRIAN JALAN MARGONDA RAYA DEPOK)

19 Jan

 

KRITIK ARSITEKTUR

PEDESTRIAN JALAN MARGONDA RAYA

 

  1. ABSTRAKSI

 

Bagian Kota Depok yang terlihat aktif kegiatan perjalanan kakinya terdapat pada sepanjang Jalan Margonda Raya. Letak jalan Margonda Raya yang berhubungan langsung dengan pusat pemerintahan di Depok dengan akses menuju DKI Jakarta menurut saya menjadi salah satu faktor penting yang membuat jalan tersebut menjadi penuh, baik penuh dengan bangunan maupun penuh dengan kegiatan masyarakat yang beraktivitas. Jalan Margonda Raya memiliki fungsi jalan kolektor primer dengan panjang jalan 4.895 km, volume lalu lintas Jalan Margonda Raya paling tinggi dibandingkan jalan lainnya dikota Depok.

Batasan yang diambil yaitu Bundaran UI sampai pertigaan jalan Margonda Raya-jalan Ir.H.Juanda dengan lokasi survey depan kampus D Universitas Gunadarma, pertigaan jalan Margonda Raya-jalan Ir.H.Juanda sampai pertigaan jalan Margonda Raya-Jalan Arief Raman Hakim dengan lokasi survey depan mall Depok.

Pengamatan yang dilakukan di sepanjang Jalan Margonda Raya Depok. Letak jalan Margonda Raya yang berhubungan langsung dengan pusat pemerintahan di Depok dengan akses menuju DKI Jakarta menurut saya menjadi salah satu faktor penting yang membuat jalan tersebut menjadi penuh, baik penuh dengan bangunan maupun penuh dengan kegiatan masyarakat yang beraktivitas.

Pada Jalan Margonda Raya terdapat empat pusat pergerakan massa yaitu Terminal Depok, Stasiun Kereta Depok Baru, Stasiun Kereta Pondok Cina dan Stasiun Kereta Universitas Indonesia. Sehingga pada pagi hari pergerakan masyarakat banyak yang berjalan kaki dari Jalan Margonda Raya menuju tempat-tempat pusat pemberhentian transportasi tersebut. Di lain sisi sepanjang Jalan Margonda Raya terdapat pusat jasa dan komersial serta merupakan jalur penghubung dengan lingkungan perumahan, sehingga pada jalan ini pergerakan masyarakat hampir tidak pernah berhenti sepanjang hari.

 

“untuk lebih jelasnya silaghkan buka link di bawah ini”

 

 

https://drive.google.com/file/d/0B38oFCSibMcjS1hOTS10YmcyVFE/view?usp=sharing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: